Progres Janan Tol di Sumut Saat Ini Mencapai 64,12 Persen

Progres Janan Tol di Sumut Saat Ini Mencapai 64,12 Persen
Proses pengerjaan jalan Tol di Sumatera Utara (Foto : Dok. PT Hutama Karya/Bisanews.id)

MEDAN I Bisanews.id Sejauh ini ruas Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, menjadi tol yang terpanjang di Sumatera Utara (Sumut) sepanjang 143,25 kilometer (km), pengerjaan terus dikebut.

Berdasarkan data resmi BPJT, Jumat (17/12/21), secara keseluruhan progresnya hingga saat ini telah mencapai 64,12%.

Tol seksi 1, Tebing Tinggi-Inderapura 20,4 km progresnya mencapai 85,38%, seksi 2 Indrapura-Kuala Tanjung 18,05 km progres 65,94%, seksi 3 Tebing Tinggi-Serbelawan 30 km progres 62,68% dan seksi 4 Serbelawan-Pematang Siantar 28 km progresnya 48,99%.

Proses pengerjaan jalan Tol di Sumatera Utara (Foto : Dok. PT Hutama Karya/Bisanews.id)

Dikutip dari detik.com, pengerjaan ditargetkan seluruh ruas jalan tersebut dapat selesai konstruksinya pada 2022 mendatang.

Untuk seksi 5 Pematang Siantar-Seribudolok 22,30 km, dan seksi 6 Seribudolok-Parapat 16,70 km yang merupakan dukungan pemerintah, saat ini masih proses pengajuan Green Book.

Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat nantinya akan dioperatori Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Marga Waskita dengan masa konsesi 40 tahun. Secara keseluruhan terdapat 6 seksi.

Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat merupakan konektivitas pendukung pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara dalam meningkatkan ekonomi wilayah dari Medan hingga Parapat yang memiliki 6 buah Simpang Susun.

Tol tersebut, bagian dari ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang menghubungkan beberapa kota serta kabupaten di wilayah Sumatera Utara, Kota Tebing Tinggi, Kab. Batubara, Kab. Simalungun, Kota Pematang Siantar dan Kab. Toba Samosir.

Sementara Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat menjadi salah satu akses pendukung jalan nasional menuju kawasan pariwisata Danau Toba. Dari Kuala Tanjung menuju Danau Toba dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam saja menggunakan tol ini.

Sedangkan dari Medan, tol ini bisa memangkas waktu perjalanan Medan-Danau Toba yang tadinya sekitar 7-8 jam hanya menjadi 2 jam saja.

Baca Juga:  Mayat Wanita Tanpa Identitas Ditemukan Membusuk di Pulau Berhala

Related posts