Selama Ramadan PPLP Sumut Kurangi Jam Latihan Atlet

Kepala UPT Disporasu, H. Afri Sugiarto. (Foto: Ayu/Bisanews.id).

MEDAN | Bisanews.id | Selama Ramadan, jadwal latihan para atlet di Pusat Pembinaan Latihan Pelajar (PPLP) Sumut tidak ada perubahan dan tetap seperti hari biasanya. Hanya saja jam latihannya sedikit dikurangi agar para atlet tidak cepat lemas.

Hal itu dikatakan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Disporasu, H. Afri Sugiarto kepada wartawan di ruang kerjanya, Minggu (10/4/2022).

“Ya kita harus mengurangi waktu anak-anak berlatih. Sebab mereka yang beragama Islam melaksanakan ibadah puasa,” kata Afri.

Afri mengaku ingin menjadikan para anak-anak yang menuntut ilmu pendidikan formal maupun olahraga, harus menjadi anak yang lebih berguna di tengah-tengah masyarakat nantinya lewat pendalaman agama.

Dikatakan, pada Ramadan tahun ini kegiatan keagamaan lebih diprioritaskan selain latihan rutin pagi sore sesuai cabang olahraga (cabor) yang digeluti para atlet pelajar di PPLP Sumut.

Menurut dia, kegiatan ibadah Ramadan, seperti buka puasa, Solat Magrib, Isya, Taraweh, Subuh dan Zuhur tetap dilaksanakan secara berjamaah untuk atlet putra dan putri.

“Tapi kalau di luar Ramadan, para atlet putri melaksanakan Solat Magrib, Isya, dan Subuh di asramanya sendiri. Sebab putra dan putri dipisahkan asramanya”, paparnya.

Kemudian, lanjutnya, selama Ramadan setiap malam pihaknya mendatangkan ustad dari luar untuk memberikan pencerahan kepada atlet.

“Setelah berbuka dan sebelum Taraweh, anak-anak diberikan tausiah agama yang mana ustadnya berganti setiap hari. Begitu juga dengan para atlet beragama Nasrani, juga diberi waktu melaksanakan ibadah kebaktian mereka,” ucapnya.

Menurut Afri, anak-anak semuanya masih berjiwa muda dan labil. Jadi kalau tidak diberikan ilmu agama, bisa saja mereka melakukan hal-hal yang kurang baik.

“Selain itu setiap malam Rabu, kita datang fisikologi dengan memberikan conseling (bimbingan) kepada setiap atlet baik secara perorangan, global. Makanya dibuat jadwal agar setiap cabor dapat menerima bimbingan,” ucapnya.

Baca Juga:  Upacara Kenaikan Pangkat TMT 1 November di Mapolres Batubara

Afri mengatakan sangat mendukung sekali program PPLP Sumut, yang didalamnya ada kegiatan keagamaan, terkhusus Ramadan.

“Anak-anak yang disini jauh dari orangtua, sehingga perlu adanya siraman rohani pada mereka agar tidak kemana-mana. Dan yang paling membanggakan kita adalah, para orang tua anak sangat mengapresiasi hal positif yang kita gelar di PPLP Sumut”, ujarnya.

Related posts