SIWO PWI Sumut Siap Sukseskan Porwanas dan PON XXI

Ketua PWI Sumut dan para pengurus SIWO PWI Sumut poto bersama usai dilantik di Gedung Parada Harahap Medan. (Poto : ayu/bisanews.id).

MEDAN I Bisanews.id I Medali emas harus bisa diraih Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Sumatra Utara di Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) di Jawa Timur pada Oktober 2022.
“SIWO PWI Sumut mencapai prestasi terbaik dan siap sukseskan Porwanas dan PON XXI,”ujar Ketua PWI Sumatra Utara, H Farianda Putra Sinik SE saat pelantikan pengurus SIWO PWI Sumut periode 2021-2026 sekaligus turnamen trup gembira, Sabtu (29/1/22) di Gedung PWI Sumatra Utara.

Farianda mengintruksikan kepada SIWO PWI Sumut untuk segera melakukan inventarisasi wartawan daerah yang memiliki potensi berprestasi di Porwanas, untuk selanjutnya menjalani pelatda mulai Maret tahun ini. Sebab menurutnya, ajang Porwanas bisa menjadi obat bagi pencapaian prestasi olahraga Sumut tahun lalu.

“Pekerjaan rumah SIWO banyak ke depan, yang paling dekat adalah Porwanas. Saya berharap atlet Porwanas PWI Sumut harus dapat medali. Kalo medali emas ada bonus dari Ketua PWI Sumut. Kalo bisa kita target dua emas. Jadi pengurus SIWO tolong diinventaris anggota PWI kabupaten/kota punya atlet bagus. Kita akumulasi nanti, dan Maret 2022 kita pelatdakan,”jelas Farianda.

Selain Porwanas, SIWO juga memiliki peran besar mensukseskan seluruh tahapan persiapan tuan rumah PON 2024. Mulai dari kesiapan pembangunan venue cabor,  akomodasi dan transportasi. Untuk itu kita mendorong PWI Pusat agar Sumut bisa menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) 2023.

“SIWO PWI punya peran strategis supaya pelaksanaan PON 2024 sukses. Makanya, saya mendesak agar HPN 2023 ada di Sumut. Mendorong pemerintah pusat komitmen mendukung Sumut-Aceh menjadi tuan rumah. Kita lihat pembangunan sport center harus segera dipercepat pembangunannya,”ungkap Farianda.

Ketua KONI Sumut melalui M Syahrir menerangkan, saat ini KONI membutuhkan kritik yang membangun dari wartawan olahraga, terutama terkait persiapan menuju PON 2024.

Baca Juga:  Apresiasi Rencana Pembangunan Perkantoran Pemkab Batubara

Sebagai bentuk penghargaan, pihaknya akan berkomunikasi dengan panitia PB PON 2024 agar gedung PWI Sumut bisa menjadi media center utama PON ke XXI nanti.

“Kita berharap rumah besar kita ini bisa menjadi Media Center bagi seluruh wartawan Asia dan nasional yang meliput seluruh pertandingan PON 2024. Keberadaan SIWO juga bisa menyampaikan kritik yang membangun bagi KONI. Saya juga minta setiap dua tahun sekali agar SIWO PWI Award. Ini akan menjadi parameter bagi kita sosok pembina yang layak dapat penghargaan di bidang olahraga. Karena rekan wartawan yang tahu kondisi di lapangan,”ucap Syahrir.

Kadisporasu melalui Kabid pembudayaan olahraga Joshua Sinurat mengungkapkan, Media sekaligus wartawan adalah corong pemerintah, mitra penting demi tersiarnya program pemerintah dalam menyukseskan PON.

“SIWO adalah mitra kami menuju PON 2024. Seluruh program PON bisa terekspos dengan baik. Termasuk kami butuh saran dari rekan-rekan untuk persiapan PON demi mewujudkan target mencapai lima besar,”pinta mantan pegulat nasional tersebut.

Trup Gembira

Pelantikan SIWO periode 2021-2026, juga dirangkai turnamen trup gembira berhadia piala Ketua PWI Sumut dan Ketua KORMI Sumut yang diikuti berbagai elemen, mulai dari pengurus cabor, wartawan, dan organisasi olahraga.

Ketua KORMI Sumut, Baharuddin Siagian mengakui selama ini kolaborasi KORMI dab SIWO tidak bisa dipisahkan siapapun. Karenanya peran besar pengurus SIWO dan wartawan olahraga terlibat dalam suksesnya pelaksanaan PON 2024.

“Saya harapkan SIWO bisa menjaga sinergitas KORMI dengan pemerintah. Pesan pak Gubsu agar pengurus buatkan konsep PON 2024. SIWO PWI Sumut punya peran penting pada PON 2024 nanti. Kita bersama menyukseskan ini, baik itu penyelenggaraan, ekonomi dan pertanggungjawaban,”terang Baharuddin.

Mantan Kadispora Sumut ini meminta pemberitaan yang ditulis wartawan olahraga kritik yang membangun. Untuk mendapat masukan dan saran solutif demi tuan rumah yang baik bersama Aceh.

Baca Juga:  APINDO Milenial Minta Copot Dirut PUD Pasar Medan, Suwarno Bilang Kurang Tepat

“Saat ini pak gubernur juga meminta kami untuk setiap bulannya melaporkan kesiapan infrastruktur, transpotasi, hingga penjemputan kontingen. Termasuk melibatkan SIWO secara langsung,”sebut Baharuddin.

Ketua SIWO PWI Sumut, Johny Ramadhan Silalahi menegaskan, SIWO siap menjadi mitra baik pemerintah untuk suksesnya PON.

“SIWO Sumut sudah pasti ikut mendukung suksesnya PON 2024 melalui pemberitaan. Saya nilai pengurus sekarang sangat strategis dan seksi karena dihadapkan dua event besar,Porwanas dan PON,”katanya.

Johny, salah satu visi besar SIWO turut berjuang agar Sumut ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksanaan HPN 2023.

“Kami pengurus dihadapkan tahun ini Porwanas 2022 di Jawa Timur target medali emas, cabor bowling dan biliar. Jangka panjang nanti, kita juga akan berjuang rencana Sumut tuan rumah Porwanas 2025,”jelasnya.

Berikut kepengurusan SIWO PWI Sumut periode 2021-2026:
Ketua Johny Ramadahan Silalahi, Halomoan Samosir (sekretaris), Ilham Ridwan (bendahara).
Pujianto (wakil ketua I), M Samsir (wakil ketua II), Faisal Pardede (wakil sekretaris), Abdul Hakim Harahap (koordinator Olahraga akurasi), Juraidi (koordinator olahraga beladiri), Deking Sembiring (koordinator olahraga permainan), Christhopel Naibaho (koordinator olahraga terukur) dan Joko Saputra (koordinator olahraga non prestasi).

Yuk Bayar Pajak

Related posts