Tahfiz Alquran As Shofa Lepas Dua Santri Belajar ke Alzhar

Tahfiz Alquran As Shofa Lepas Dua Santri Belajar ke Alzhar
Pimpinan Yayasan As Shofa melepas para santri berangkat belajar ke Universitas Kairo Mesir.(Foto : Dok - Yayashofa/Bisanews.id)

MEDAN I Bisanews.id I Awal Tahun 2022, Yayasan As Shofa, menggelar syukuran pelepasan dua santri Tahfiz Alquran nya untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas Al Azhar, Kairo Mesir, Selasa malam (4/1/22) di Jalan Rahmatsyah Medan, Sumatra Utara.

Yayasan As Shofa pimpinan Ustaz H Arif Muhammad Arif Erde SPdi MH dan Ummi Sufi Zulfiani Zulkarnaen Hajar.
Dua santri itu, Muhammad Anas Amrullah tahfiz hafal 27 juz dan M Antar Rais tahfiz hafal 30 juz.

“Ini merupakan kali kedua As Shofa melepas tahfiz untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri,” kata Ustaz Arif.

Sebelumnya sudah empat santri berangkat menjalani pendidikan di Universitas Al Asgaff Tareem Taman, yakni M Akmal, Habibur Rahman, Buchairi Amar dan seorang santriwati Saniatus Shifa.

Ustaz Arif, keberangkatan anak didik santri dan santriwati ke Mesir serta Yaman berkat perjuangan dari anak-anak didik santri dan santriwati sendiri. Belajar membaca, mengahafal Alqur’an dan mempelajari ilmu-ilmu lainnya di As Shofa. Anak didik santri dan santriwati juga dituntut untuk mengembangkan diri sendiri serta menambah ilmu pengetahuan, wawasan serta kepribadian akhlak yang mulia.

“Kami ingatkan santri dan santriwati, khusun yang berangkat ke Universitas Al Azhar, Kairo Mesir agar menjaga diri baik-baik dan semangat menuntut ilmu di negeri orang. Di Mesir, ada “Firaun,

ada Musa” Artinya ada jahat dan ada pula baik, jangan heran Mesir. Usahakan menjadi diri dan pribadi yang terbaik. Insya Allah kalau sudah selesai nanti jadilah orang yang bermanfaat bagi umat dan sebarkan ilmu pengetahuan tentang Agama Islam,”bebe Ustaz Arif saat melepas para santri.

Salah seorang santri yang berangkat ke Univeristas Al Azhar Muhammad Anas Amarullah bersyukur lulus untuk melanjutkan pendidikan ke Al Azhar.

Baca Juga:  Tinjau GVM Bupati Batu Bara Bagi-bagi Migor

Menjadi santri di pondok Tahfiz Quran As Shofa, banyak ilmu didapat. Sebab tidak hanya mempelajari tajwid dan hafalan Alquran saja, tetapi ilmu-ilmu lain juga diajarkan antara lain, khutbah, praktek fardhu kifayah, dari memandikan, mengafankan sampai menguburkan mayat.

Ilmu yang kami dapat dari As Shofa, juga mengembangkan diri sesuai minat dan kemampuan.

“Kami juga diajarkan disiplin dan bagaimana menjadi pribadi yang baik. Bahkan motivasi keluarga dan dorongan semangat dari Abi, Ummi, para guru serta kawan-kawan juga menjadi cemeti giat belajar,”terang Anas yang hampir 4 tahun mengenyam pendidikan di As Shofa.

Ia juga mengaku tinggal menunggu waktu gelombang pertama, berangkat 8 Januari 2022 guna mengikuti ujian. “Begitu visa keluar kami langsung berangkat,”ungkapnya

Terpisah, Ketua Pembina Yayasan As Shofa, HA Nuar Erde, prestasi kebanggan As Shofa bisa melepas para santri dan santriwati melanjutkan pendidikan ke Mesir dan Yaman.

Yayasan lebih meningkatkan kualitas pendidikan, kulaitas para guru dan pengajar serta meningkatkan sarana dan prasarana untuk para santri dan santriwati menuntut ilmu Agama Islam dan ilmu lainnya sesuai kemampuan dan keahlian santri dan santriwati. Sehingga menjadi santri santriwati memiliki pribadi yang baik dan mulia “Kita tingkatkan semua fasilitas.

Tujuannya agar santri dan santriwati merasa senang, tenang, mudah dan semangat ketika belajar. Motivasi para anak didik untuk tetap semangat belajar dan serta mampu melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Insya Allah para peserta didik As Shofa yang melanjutkan belajar ke luar negeri akan bertambah,”tutup Erde.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.