Tahun 2022 Sungai Bedera Dinormalisasikan

Walikota Medan, Bobby Afif Nasution bersama Kepala Bapeda Kota Medan, Benny Iskandar saat mengecek keberadaan Sungai Bedera. (Foto : ayu/Bisanews.id)

MEDAN I Bisanews.id I Pemerintahan Kota Medan berupaya menangani banjir di Kota Medan.

Normalisasi bakalan dapat terwujud, setelah Wali Kota Medan Bobby Nasution menjalin ikatan kolaborasi dengan Badan Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Tahun 2022 ini Sungai Bedera mulai dilakukan normalisasi.

Kepala Bappeda Kota Medan, Benny Iskandar, kolaborasi yang dijalin Wali Kota dengan Kementerian PUPR menjadi program bersama Pemko Medan dengan Kementerian PUPR.

“Penetapan lokasi normalisasi Sungai Bedera sudah dilakukan, kemudian akan dilanjutkan dengan appraisal atau penilaian. Sedangkan untuk konstruksi sudah dianggarkan oleh Kementerian PUPR melalui BWSS II,” kata Benny Iskandar, Kamis (6/1/2022) di Kantor Wali Kota Medan, Sumatra Utara.

Dijelaskan, lokasi normalisasi Sungai Bedera, meliputi wilayah Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang. Untuk Medan dimulai dari aliran di kawasan Jalan Gatot Suboroto sampai pertemuan dengan jalan tol Jalan Asrama.

Sedangkan di Deliserdang dari pertemuan dengan jalan tol itu ke arah hilir sepanjang 1 km.

“Untuk pembebasan lahan, Pemko Medan menganggarkan Rp45 miliar, masih ada kekurangan dari total anggaran Rp75 milliar,”ujarnya.

Benny, untuk wilayah Deliserdang diperkirakan membutuhkan anggaran pembebasan lahan sebesar lebih kurang Rp 11 miliar.

“Untuk pembebasan lahan ini lah masih kita minta kepada BWSS untuk menambah anggarannya. Itu sudah disanggupi BWSS. Kita optimis tahun 2022 ini proses pengadaan lahan sekaligus pembangunan fisik sudah bisa dimulai dan diselesaikan,”ungkapnya meyakini.

Ia juga menyebutkan, normalisasi Sungai Bedera akan mereduksi banjir sekitar kawasan Perumnas Helvetia dan Kawasan Helvetia Pantai Timur dan Barat sampai ke Jalan Amal Luhur dan sekitarnya.

Baca Juga:  Kepling Kembalikan Uang Hasil Pungli Rp 1,7 Juta

Related posts