Terungkap, Ini Peran Empat Pelaku Penipuan Jastip Tiket Konser Coldplay

Terungkap, Ini Peran Empat Pelaku Penipuan Jastip Tiket Konser Coldplay
Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menggelar perkara kasus penipuan penjualan tiket konser Coldplay. (Foto: PMJ News/Fajar)

JAKARTA | Bisanews.id | Polda Metro Jaya menangkap empat orang pelaku penipuan penjualan tiket konser Coldplay dengan modus menggunakan jasa titip (jastip) di akun media sosial Instagram.

Dilansir dari PMJNews, dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Auliansyah Lubis mengungkap empat tersangka yang ditangkap masing-masing berinisial MS (22), MHH (20), AB (36), dan A (35). Dalam menjalankan aksinya, mereka memiliki peranan masing-masing.

“Saudara MS yang membuat akun Instagram tersebut dengan nama akun instagram jastiptiket.coldplay,” ujar Auliansyah dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Senin (5/6/2023).

“Kemudian saudara MHH selaku penyedia akun Dana dengan nomer dana 082193692995 atas nama Rahma, yang digunakan untuk menampung uang hasil tindak pidana penipuan,” tambahnya.

Selain MHH, lanjut Auliansyah, tersangka A juga memiliki peranan membuat akun dompet elektronik (e-wallet) Dana untuk menampung uang yang didapat.

“Sedangkan saudara A, itu juga membuat akun e-wallet dengan akun Dana dengan nomer 081356651187 atas nama Adi,” ucapnya.

Uang-uang dari hasil penipuan yang mereka dapatkan kemudian dicairkan atau ditarik melalui Agen BRI Link di wilayah Sulawesi Selatan.

“Masing-masing mendapat bagian, yaitu saudara MS mendapatkan bagian sebesar 18 juta, kemudian MHH mendapatkan uang 1,5 juta, kemudian tersangka AB mendapat uang Rp 500 ribu rupiah, dan tersangka A mendapatkan uang sebesar Rp 350 ribu,” jelasnya.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Pasal 28 ayat 1 juncto pasal 45A ayat 1 UU nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang ITE.

Baca Juga:  FSM Pengedar Daun Haram Diringkus Polres Padangsidimpuan, Kini Meringkuk