HUT ke-15 Batu Bara, Zahir Beberkan Kinerja dan Program Pemkab, Termasuk Pembangunan Kantor Bupati

Bupati Batu Bara Ir Zahir, M.AP, menyaksikan pemotongan tumpeng oleh Ketua DPRD pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Batu Bara dalam agenda HUT ke-15 Kabupaten Batu Bara Tahun 2021. (Photo : Dok. Humas Pemkab. BB/Bisanews.id).

BISANEWS.ID | BATU BARA | Momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 Kabupaten Batu Bara pada tahun 2021 seharusnya dapat disyukuri dan dijadikan sebagai motivasi untuk mengisi hari-hari ke depan dengan karya dan prestasi. Serta bersama-sama mensukseskan program-program pembangunan yang telah direncanakan.

Hal itu diungkapkan Bupati Batu Bara Ir Zahir, M.AP saat Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Batu Bara dalam agenda HUT ke-15 Kabupaten Batu Bara Tahun 2021, di Gedung DPRD Batu Bara, Provinsi Sumatra Utara, Rabu (8/12/2021).

Zahir mengatakan situasi pandemi Covid-19 telah memberikan tekanan terhadap kondisi perekonomian global, nasional dan juga berdampak kepada perekonomian daerah tidak terkecuali di Kabupaten Batu Bara.

Seperti pada tahun 2019, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Batu Bara sebesar 4,35 %. Sedangkan pada tahun 2020, perekonomian menurun menjadi -0,31 %, akibat dampak dari pandemi Covid-19. Sementara indeks pembangunan manusia pada tahun 2019 sebesar 68,35 %, meningkat pada tahun 2020 menjadi 68,36 %.

“Sedangkan angka kemiskinan pada tahun 2019 sebesar 12,14 % berhasil diturunkan pada tahun 2020 menjadi 11,88 %. Untuk tingkat pengangguran terbuka pada tahun 2019 sebesar 6,69 % dan pada tahun 2020 menurun menjadi 6,48 %”, kata Zahir.

Menurut dia berbagai upaya pencapaian visi misi Pemerintah Kabupaten Batu Bara terus dilakukan secara berkelanjutan. Seperti pemenuhan kebutuhan di bidang kesehatan, pendidikan, sosial, peningkatan kualitas infrastruktur jalan, bangunan, irigasi, dan pemberian bantuan sarana prasarana produksi.

Di bidang kesehatan, pemenuhan atas layanan yang dilakukan antara lain penyediaan sarana prasarana kesehatan, seperti obat-obatan, alat kesehatan, pemberian tambahan makanan, vitamin, pembinaan dan pelatihan tentang kesehatan.

“Dalam situasi pandemi Covid-19 telah dilakukan program vaksinasi kepada tenaga kesehatan, pelayanan publik, masyarakat, lansia dan remaja/pelajar. Untuk jumlah total peserra vaksinasi pertama sebanyak 218,348 jiwa. Sedangkan total vaksinasi kedua sebanyak 147,263 jiwa”, ujarnya.

Baca Juga:  Anggota TNI Tewas Ditembak KKB Papua, Panglima Segera Lakukan Pendekatan

Selanjutnya bidang pendidikan. Pemenuhan atas layanan yang dilakukan antara lain peningkatan sarana prasarana pendidikan, seperti pembangunan dan rehabilitasi ruang kelas baru, pembangunan ruang guru dan ruang ramah anak. Selain itu, dilakukan pemberian bantuan kepada guru dan bantuan sosial kepada mahasiswa.

Di bidang sosial, pemenuhan atas pelayanan yang dilakukan antara lain melakukan program rehabilitasi sosial, perlindungan dan jaminan sosial serta pemberdayaan sosial, seperti pemberian peralatan usaha dan penyediaan alat bantu bagi penyandang disabilitas, mengoptimalkan fungsi rumah singgah, meningkatkan pelayanan terhadap layanan data dan pengaduan penerima bantuan sosial dengan fasilitas mobil layanan data keliling melalui aplikasi sistem bantuan dan informasi kesejahteraan sosial.

“Selain itu tersedianya ruang layanan dan pengaduan, pemberian bantuan bagi keluarga veteran, pemberian bantuan logistik bagi korban bencana, penyediaan mobil dapur umum bagi korban bencana, serta pembinaan kepada pekerja sosial masyarakat (PSM) dan tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK)”, paparnya.

Ia menambahkan, peningkatan layanan kualitas infrastruktur jalan, diarahkan pada kawasan potensi ekonomi dalam rangka memperlancar transportasi dan perekonomian daerah. Untuk panjang jalan kabupaten dalam kondisi mantap di tahun 2020 sebesar 72,09 % dan ditargetkan pada tahun 2021 akan mencapai 74 %.

Khusus untuk rencana pembangunan komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten Batu Bara, saat ini tahapan yang dilakukan adalah pengadaan tanah yang merupakan areal HGU PT Socfindo dan telah memasuki tahap final.

Pemerintah Kabupaten Batu Bara sendiri menargetkan pembangunan komplek perkantoran tersebut akan mulai direalisasikan pembangunannya pada tahun 2022 mendatang.

“Di usia ke-15 tahun, tentunya masih banyak hal yang harus dilakukan untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya dengan meningkatkan pengelolaan potensi yang dimiliki secara profesional didukung peran serta seluruh stakeholder,” katanya.

Baca Juga:  Warga Binaan Rutan Perempuan Medan Khatam Qur'an

Related posts