Sesuai Arahan Kapolri, 28 Anggota Poldasu Dipecat

Sesuai Arahan Kapolri, 28 Anggota Poldasu Dipecat
Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi saat proses pemecatan (Foto : Dok. Humas Polda Sumut/Bisanews.id)

MEDAN I Bisanews.id I Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi memimpin langsung upacara pemberhentian dengan tidak hormat (PTDH), 28 anggota Polda Sumatera Utara.

Sebanyak 28 personel Polda Sumut diberhentikan dengan tidak hormat pada Rabu (22/12/2021), petang di Aula Tribrata Mapolda Sumut.

“Anggota yang diberhentikan tidak hormat ini karena melakukan berbagai pelanggaran, dari kode etik, narkoba hingga pencabulan,”kata Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi.

Dijelaskan, 28 anggota Polri tersebut berdasarkan fakta dan hasil pemeriksaan yang dilakukan, 19 orang terkait tindak pidana narkotika, desersi, dan pidana umum lainnya termasuk pencabulan.

“Sesuai dengan arahan Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo agar tidak main-main dengan narkotika apalagi terkait dengan jaringan. Sebagaimana kasus di Tanjung Balai 10 orang,”ujarnya.

Panca juga mengatakan, PTDH yang dilakukan adalah terkait kode etik profesi Polri, bahwa yang terbukti melakukan pelanggaran, mendapatkan tiga hukuman sesuai undang-undang berupa hukuman disiplin, kode etik dan pidana.

“Makanya anggota Polri yang melakukan pelanggaran saya ingatkan hati-hati. Karena tiga aturan akan diterapkan kepada dia,”tegasnya.

Dari 28 personel yang di PTDH tersebut, sebagian sudah selesai proses pidananya dan sebagian lain masih berproses.

Upacara pemberhentian PTDH ini hanya dua yang menghadiri.

Panca menyebutkan, surat keputusannya sudah ada. Dan berharap keputusan tersebut dapat menjadi pembelajaran kepada anggota Polri semuanya dan sebagai bentuk akuntabilitas kepada masyarakat.

Baca Juga:  Belum Bayar Pajak, Sejumlah Reklame Di Tanjung Tiram Dibongkar Paksa

Related posts