Sidapol Hadir di Batu Bara, Urusan Pajak Jadi Gampang

Kepala BPPRD Batu Bara Rijali usai sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang pendapatan daerah di Aula Sudjono Giatmo. (Foto : dok.BPPRD BB/Bisanews.id).

BISANEWS.ID I BATU BARA I

Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) resmi meluncurkan aplikasi Sistem Pendaftaran Pajak Online (Sidapol). Aplikasi ini diklaim memiliki beberapa keunggulan. Antara lain dapat menyajikan data secara real time, mulai dari pendaftaran, piutang pajak dan cetak SPPT PBB.

“Aplikasi ini nantinya akan memudahkan para wajib pajak untuk melakukan registrasi atau pendaftaran dan pembayaran pajak secara online,” kata Kepala BPPRD Batu Bara Rijali usai sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang pendapatan daerah di Aula Sudjono Giatmo, Batu Bara, Sumatera Utara, Kamis (9/12/2021).

Selain itu Rijali menjelaskan soal kemudahan yang diperoleh dari Sidapol. Diantaranya dapat dimanfaatkan semua masyarakat dengan mengakses melalui web browser/google. Menawarkan kemudahan administrasi dan peningkatan kinerja dalam memberikan pelayanan. Kemudian, wajib pajak akan mendapatkan kepastian dalam setiap proses pelayanan perpajakan.

“Tujuan aplikasi ini salah satunya untuk mengidentifikasi dalam pengelolaan pajak khususnya PBB P2. Kemudian memantau realisasi penerimaan dan piutang dari wajib pajak, serta memonitor status bayar pajak sehingga akan mempercepat dalam pengambilan keputusan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu pihak BPPRD juga menjelaskan bagaimana cara menggunakan Sidapol kepada camat dan kepala desa. Harapannya, camat dan kepala desa dapat mensosialisasikan aplikasi tersebut kepada masyarakat.

Baca Juga:  Pemkab Batu Bara Terapkan Sistem E-Absensi untuk Tingkatkan Disiplin Pegawai

Related posts