Tautan Pendaftaran Bantuan Covid-19 di Facebook, Hoaks

Tautan Pendaftaran Bantuan Covid-19 di Facebook, Hoaks
Tangkapan layar tautan pendaftaran bantuan Covid-19 bagi pemilik E-KTP. (Foto: Dok. Antaranews.com / Bisanews.id).

JAKARTA I Bisanews.id I Beredar sebuah tautan di Facebook, yang diklaim sebagai situs pendaftaran bantuan COVID-19 bagi pemilik Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP).

Dikutip dari laman Antaranews.com, dalam unggahan di media sosial itu di jelaskan bantuan COVID-19 yang akan diterima sebesar Rp600.000.

Berikut narasinya:
“Khususnya Warga Indonesia Yang Sudah Punya E-KTP ELEKTRONIK , Sudah Bisa Mendaftarkan E KTP Nya Untuk Menerima Dana Bantuan Covid19 Per Tgl 25/11/2021, Sebesar Dana 600,000 Pencairan Tetap Di Rekening Sendiri , Bagi Yang Mau Mendaftar Kan E KTP Nya Silahkan Klik Dibawah ini https://tinyurl[dot]com/3rf6axj9”.

Namun, benarkah tautan tersebut resmi sebagai pendaftaran bantuan COVID-19 bagi pemilik E-KTP?

Kepala Biro Humas Kementerian Sosial Hasim mengatakan setiap bantuan yang diberikan pemerintah akan selalu diinformasikan melalui laman atau media sosial resmi Kemensos.

Menurut Hasim, tautan yang beredar di Facebook itu bukanlah program milik pemerintah dan merupakan hoaks, mengacu Turnbackhoaks.

Masyarakat, kata dia, bisa memeriksa status bantuan sosial dari pemerintah melalui situs  https://cekbansos.kemensos.go.id., dengan memasukan provinsi, kabupaten, kecamatan,  desa/kelurahan tempat tinggal, dan nama penerima sesuai KTP.

Hasim mengimbau agar masyarakat waspada dan berhati-hati terhadap informasi bantuan yang diumumkan bukan berasal dari Kemensos.

Baca Juga:  Pengkot Kodrat Medan Siap Latihan Bersama Atlet Tarung Derajat se-Sumut

Related posts