Tongkat Komando Danjen Kopassus Pindah ke Tangan Mayjen Teguh


BISANEWS.ID I JAKARTA I

Serah terima tongkat komando Danjen Kopassus (Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus) berlangsung di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis (9/12/2021).

Mayjen TNI Mohamad Hasan secara resmi menyerahkan tongkat komando kepada Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa.

Dilansir dari Detik News, upacara digelar berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1029/XI/2021 tentang Pemberhentian dari/dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Sebelumnya upacara serah terima jabatan (sertijab) telah dilakukan di Markas Besar TNI AD (Mabesad), Jakarta Pusat, pada pagi harinya. Upacara dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Meninggalkan jabatan Danjen Kopassus, Mayjen TNI Mohamad Hasan kini menduduki kursi Pangdam Iskandar Muda, Aceh.

“Pada hari ini saya perlu menyerahkan satuan Kopassus secara resmi kepada pengganti saya yang disaksikan bersama seluruh anggota Kopassus yang hadir di tempat ini,” kata Hasan dalam sambutannya.

Hasan menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar Kopassus, dari prajurit hingga PNS Kopassus. Hasan menyebut semuanya telah memberikan loyalitas dan kesetiaannya selama dia memimpin Kopassus sekitar 1 tahun 3 bulan.

“Sehingga selama 1 tahun 3 bulan saya menjabat sebagai Danjen Kopassus tugas satuan dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Hasan menilai Kopassus sedang giat-giatnya menata dan mengembangkan kemampuan, keterampilan prajurit melalui pendidikan, latihan, dan melaksanakan evaluasi. Itu semua, lanjut Hasan, demi kesempurnaan Kopassus dalam melaksanakan tugas operasi, baik di dalam maupun di luar negeri.

Dia berharap Kopassus ke depan lebih profesional, tangguh, dan adaptif dalam menghadapi tantangan global untuk mendukung tugas pokok TNI.

Dalam kesempatan sama, Danjen Kopassus yang baru Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa berterima kasih kepada pimpinan TNI AD yang telah memberinya amanah memimpin pasukan baret merah.

Baca Juga:  13 Tahun Pujakesuma di Batubara, Mewarnai Corak Kehidupan Berbangsa

“Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada keluarga dan kedua orangtua yang selalu mendoakan, mendampingi, dan mendukung sehingga saya bisa dapat dipercaya menjadi Komandan Jenderal Kopassus,” kata Teguh yang sebelumnya menjabat dosen tetap di Universitas Pertahanan (Unhan) sejak 24 Maret 2021.

Related posts