Wow! Segini Nih Gaji Tukang Parkir Pesawat

Seorang marshaller sedang memandu pesawat yang akan parkir di sebuah bandara. (Foto: Google / Bisanews.id)

BISANEWS.ID I JAKARTA I

Tukang parkir pesawat (marshaller) adalah bagian penting dalam dunia penerbangan. Tugasnya melakukan pengaturan lalu lintas pesawat di bandara memang terlihat sepele, tapi tak bisa diremehkan.

Bagaimana tidak, tugas seorang marshaller tak main-main. Mereka memberikan komando untuk pilot kala memakirkan pesawat setibanya di bandara tujuan.Diberitakan Kompas TV edisi Jumat (03/12/2021),

salah satu syarat menjadi marshaller ternyata harus punya sertifikat, dan dituntut memiliki kecepatan dan ketepatan kala memandu seorang pilot.

Namun tak banyak orang tahu berapa gaji marshaller tersebut. Dalam berita itu dibeberkan ternyata gaji tukang parkir pesawat di dunia cukup besar, rata-rata 21 dolar AS per jamnya.

Jika dikonversikan ke rupiah dengan kurs Rp14.400, maka gaji marshaller mencapai Rp302.500 per jam. Nilai tersebut jika dikalikan misal dengan delapan jam kerja maka akan mencapai Rp 2.420.000 dalam sehari.

Laman khusus aviasi,  Ziprecruiter dalam surveinya menyatakan gaji tukang parkir pesawat di Amerika Serikat mencapai 43.861 dolar AS per tahun atau setara dengan Rp 631.98 juta.

Namun perlu diketahui angka tersebut tak bisa dijadikan patokan, karena gaji marshaller bervariasi di tiap negara dan bandara.

Gaji tukang parkir pesawat di Bandara San Fransisco misalnya adalah 25 dolar AS per jam. Sementara untuk Bandara Freemont yakni 24 dolar AS per jam. Di Indonesia berapa ya?

Baca Juga:  Oknum Mengaku Koordinator E-Warung Dilaporkan Ke Polisi

Related posts