Buka Festival Kuliner 2023, Wali Kota Medan Berpantun

Buka Festival Kuliner 2023, Wali Kota Medan Berpantun
Wali Kota Medan, Bobby Nasution berbincang dengan pedagang martabak mesir yang berjualan di Festival Kuliner Medan 2023, Selasa (28/11/2023), di Lapangan Benteng Medan. (Foto : Pemko Medan). 

MEDAN | Bisanews.id |Hari Senin hari Selasa. Pancing ikan di dalam kali. Kuliner Medan hanya punya dua rasa. Rasanya enak dan enak sekali.

Pantun ini diserukan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, saat membuka Festival Kuliner Medan 2023, Selasa (28/11/2023), di Lapangan Benteng Medan.

Pembukaan perhelatan yang telah berlangsung sejak 28 November sampai 3 Desember ini ditandai dengan penekanan tombol bel oleh Bobby didampingi unsur Forkopimda, para Konjen negara sahabat, dan Sekda Wiriya Alrahman.

Bobby menyampaikan apresiasi pada kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Medan ini.

Orang nomor satu di Pemko Medan itu berharap, melalui perhelatan ini kuliner dapat menjadikan Medan sebagai kota yang memiliki perekonomian kuat.

“Hari ini saatnya kita bangkit, saatnya kita tunjukkan bahwa UMKM Kota Medan, kuliner Kota Medan, bisa membawa Medan menjadi kota yang besar, ekonomi yang kuat,” sebutnya, seraya mengungkapkan pelaku usaha, termasuk kuliner, merupakan pejuang dan penyelamat ekonomi Kota Medan.

Wali Kota mengatakan, Medan tidak mempunyai gunung maupun laut yang dapat dijadikan objek wisata alam.

Namun, lanjutnya, ibu kota Sumut ini mempunyai sejarah kota, memiliki beragam etnis dan adat istiadat yang punya ciri khas masing-masing, termasuk kulinernya.

“Hari ini, kuliner yang kita nikmati adalah seluruh masakan dari etnis yang ada di Medan, baik asli maupun pendatang,” ungkapnya.

Usai membuka festival, Bobby meninjau stan-stan yang menyajikan berbagai kuliner khas lokal, kekinian, maupun Asia dan Western. Wali Kota membeli kuliner dan membagikannya pada pengunjung.

Salah satu jajanan yang dibelinya adalah kentang tornado, lalu diberikan kepada anak-anak pengunjung.

Bobby Nasution juga membeli sop buah dan diberikannya kepada unsur Forkopimda serta para konsul yang mendampinginya. Suami Kahiyang Ayu ini juga memborong puluhan durian lalu dibagikan kepada pengunjung yang beruntung.

Baca Juga:  Hmm, Lezatnya Sarapan Pagi dengan Capcay Istimewa

Saat meninjau stand demi stand, tidak sedikit pengunjung yang meminta berswafoto dengannya. Bobby Nasution mengabulkan semua permintaan ini dengan penuh keramahan. Tawa riang dan kegembiraan memancar jelas dari wajah warga setelah berswafoto dengannya.

Salah seorang pelaku UMKM yang membuka stand kentang tornado mengungkapkan rasa salutnya pada pemimpin muda di Sumatra Utara ini. Dia menilai, selain terbukti komit menaikkan kelas UMKM di Medan, Bobby Nasution juga memiliki sikap merakyat.

“Tadi Pak Wali beli kentang tornado untuk dibagikan kepada anak-anak. Pak Wali juga mau selfi dengan anak-anak itu. Sungguh merakyat,” ucapnya.

Festival Kuliner Medan ini diramaikan 120 stand dan tujuh food truk Berbagai kuliner khas lokal, Nusantara, Asia, dan Western disajikan pada perhelatan ini. Selain menampilkan kekayaan kuliner Medan, Festival ini juga disemarakkan berbagai hiburan. Bahkan pada Minggu 3 Desember dijadwalkan King Nasar bakal hadir dan menggoyang panggung Festival Kuliner Medan ini.

Di samping itu, sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Medan, Yuda P. Setiawan dalam laporannya, perhelatan ini juga disemarakkan oleh demo masak, Lomba Idola Cilik, Lomba Memasak Ikan Mas Arsik, Lomba Mewarnai, K-Pop Dance Competition, Fashion Show Anak-anak, Lomba Stand Dekorasi Terbaik, Lomba Stand Omzet Terbanyak, dan Lomba Stand Terfavorit.

Dalam laporannya Yuda juga menyebutkan, kegiatan selama enam hari ini bertujuan antara lain untuk mendorong dan menumbuhkembangkan rasa bangga atas warisan kuliner, memberikan ruang dan peluang UMKM kuliner untuk naik kelas, meningkat pertumbuhan ekonomi, dan menarik kunjungan wisatawan. (ayu)