Dekan UMA Tanggapi Upaya Walikota Medan Soal UMKM

Dekan UMA Tanggapi Upaya Walikota Medan Soal UMKM MEDAN | Bisanews.id | Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Medan Area (UMA) Ahmad Rafiki BBA (Hons) MMgt PhD menanggapi berbagai upaya yang dilakukan Walikota Medan Bobby Nasution untuk memperjuangkan kemajuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Menurut Ahmad, apa yang dilakukan Bobby itu sangat tepat. Sebab untuk mengajak pelaku UMKM berkembang ke arah digitalisasi bukanlah hal mudah, dan membutuhkan dana. "Saya sangat mengapresiasi Pak Walikota dengan memulai terobosan yang tidak mudah, yakni mengajak UMKM menggunakan digitalisasi. Tentu di sini ada biaya. Bagaimana Pemko Medan bisa menyiapkan dana untuk mendukung program ini," kata Ahmad baru-baru ini di Medan. Terkait kolaborasi UMKM dengan start up, Ahmad menilai sebagai langkah untuk memajukan UMKM sekaligus membuat UMKM "naik kelas". Apabila UMKM dan start up sudah bersinergi, lanjutnya, maka pelaku UMKM bisa meningkatkan omsetnya, dan start up pun juga bisa bersinergi atau mendapat bantuan dari para pelaku UMKM, baik bantuan pengalaman maupun jaringan. Oleh karenanya, imbuhnya, UMKM dan start up harus disinergikan. Apalagi kedepannya kehidupan akan sangat mengandalkan teknologi. Dengan demikian, pelaku UMKM pelan-pelan sudah menuju ke sana. "Kalau sekarang mungkin masih sedikit, mungkin nanti kedepannya mayoritas pelaku UMKM bisa menggunakan teknologi hasil sinergi dengan start up. Jadi, start up bisa menularkan kepada pelaku UMKM. Setelah ditularkan start up juga bisa belajar dari pelaku UMKM sekarang yang sudah berjalan," pungkasnya. Untuk diketahui, Walikota Medan Bobby Nasution terus berjuang agar pelaku UMKM di kota itu dapat maju dan berkembang. Selain mengajak untuk melek digitalisasi, Bobby juga melakukan kolaborasi antara pelaku UMKM dengan para start up. Kemudian melakukan bekerja sama dengan sejumlah BUMN untuk pembinaan dan pengembangan UMKM. Keinginan kolaborasi tersebut pernah disampaikan Bobby di sela-sela kunjungannya pada acara APEKSI Outlook Bali 2021 lalu. (ayu) Teks Poto : Walikota Medan Bobby Nasution berbincang dengan salah seorang pedagang di salah satu pasar di Medan beberapa waktu lalu. (Foto : Ayu/Bisanews.id)

MEDAN | Bisanews.id | Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Medan Area (UMA) Ahmad Rafiki BBA (Hons) MMgt PhD menanggapi berbagai upaya yang dilakukan Walikota Medan Bobby Nasution untuk memperjuangkan kemajuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Menurut Ahmad, apa yang dilakukan Bobby itu sangat tepat. Sebab untuk mengajak pelaku UMKM berkembang ke arah digitalisasi bukanlah hal mudah, dan membutuhkan dana.

“Saya sangat mengapresiasi Pak Walikota dengan memulai terobosan yang tidak mudah, yakni mengajak UMKM menggunakan digitalisasi. Tentu di sini ada biaya. Bagaimana Pemko Medan bisa menyiapkan dana untuk mendukung program ini,” kata Ahmad baru-baru ini di Medan.

Terkait kolaborasi UMKM dengan start up, Ahmad menilai sebagai langkah untuk memajukan UMKM sekaligus membuat UMKM “naik kelas”.

Apabila UMKM dan start up sudah bersinergi, lanjutnya, maka pelaku UMKM bisa meningkatkan omsetnya, dan start up pun juga bisa bersinergi atau mendapat bantuan dari para pelaku UMKM, baik bantuan pengalaman maupun jaringan.

Oleh karenanya, imbuhnya, UMKM dan start up harus disinergikan. Apalagi kedepannya kehidupan akan sangat mengandalkan teknologi. Dengan demikian, pelaku UMKM pelan-pelan sudah menuju ke sana.

“Kalau sekarang mungkin masih sedikit, mungkin nanti kedepannya mayoritas pelaku UMKM bisa menggunakan teknologi hasil sinergi dengan start up. Jadi, start up bisa menularkan kepada pelaku UMKM. Setelah ditularkan start up juga bisa belajar dari pelaku UMKM sekarang yang sudah berjalan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Walikota Medan Bobby Nasution terus berjuang agar pelaku UMKM di kota itu dapat maju dan berkembang. Selain mengajak untuk melek digitalisasi, Bobby juga melakukan kolaborasi antara pelaku UMKM dengan para start up. Kemudian melakukan bekerja sama dengan sejumlah BUMN untuk pembinaan dan pengembangan UMKM.

Baca Juga:  PDIP Air Putih Gelar Festival Foot Ball Womens

Keinginan kolaborasi tersebut pernah disampaikan Bobby di sela-sela kunjungannya pada acara APEKSI Outlook Bali 2021 lalu.

Related posts

Program Desa Binaan Bhakti Sosial Kepada Masyarakat Bantuan Sembako